Wednesday, March 2, 2016

Betapa Pentingnya Air Minum dalam Kehidupan

Sahabat Online School, saat ini kita mencoba membahas salah satu utilitas utama yang mendukung perkembangan kota sesuai dengan bahasan kita tentang Perencanaan Kota, yaitu Sistem Penyediaan Air Minum. Seperti yang Sahabat ketahui untuk di Indonesia dalam hal penyediaan air minum kota dikelola oleh perusahaan daerah masing-masing kota yang disebut dengan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dulunya hanya disingkat PAM sebelum otonomi daerah diterapkan di Indonesia.

Disini sahabat pasti asing mendengarkan istilah ini bukan?? Memang benar tidak banyak orang yang tahu tentang ilmu perencanaan yang satu ini. Ilmu ini merupakan salah satu materi kuliah pokok di Jurusan Teknik Lingkungan. Kemudian setelah itu apa perlunya sih mengetahui perencanaan sistem penyediaan air minum ini??

Air sebagai kebutuhan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa air merupakan salah satu sumber daya alam yang juga menjadi kebutuhan primer dari kehidupan makhluk hidup terutama manusia. Hal ini dapat dibuktikan dari kehidupan sehari-hari manusia yang tidak pernah terlepas dari penggunaan air. Mulai dari minum, mandi, beribadah, dan beberapa aktivitas lainnya, sehingga munculah pernyataan lebih baik tidak makan daripada tidak minum.

Keterbatasan jumlah air bersih.

Penjelasan poin 1 mencerminkan betapa krusialnya air akan kelangsungan kehidupan manusia. Secara kuantitas, jumlah air di bumi ini tetap tidak berubah karena adanya siklus hidrologi untuk menjaga keseimbangan tersebut dan tersedia sangat banyak hal ini terlihat dari hampir 71% permukaan bumi tertutupi oleh air, dengan volume ± 1,4 trilliun km3 (330 juta mil3) yang tersedia, dengan komposisi 97,5% merupakan air asin dan hanya 2,5% air tawar dengan distribusi 69% terjebak dalam bentuk es dan 30% didalam tanah sehingga hanya 1% yang berada di permukaan. Komposisi ini menunjukan bahwa ketersediaan air yang dapat digunakan secara langsung untuk pemenuhan kebutuhan manusia sehari-hari hanya 1% dari total air yang ada di bumi agar lebih detail mengenai komposisi air ini dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Komposisi Air di Bumi, 1993
Komposisi Air di Bumi, 1993

Air bersih merupakan simbol dari kesehatan.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian di tahun 1984 dengan studi kasus di Amerika (USA) oleh JICA di dalam buku Water Supply Engineering volume 1. Hasilnya adalah peningkatan distribusi air bersih di sebuah kota dapat menurunkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh air (waterborne diseases) seperti kolera, disentri, tipus, cacingan, trachoma, dan penyakit kulit lainnya. Namun penurunan penyakit ini juga disertai kontribusi dan peran nyata yang besar dari perkembangan ilmu kedokteran. Meskipun begitu tetaplah kontribusi paling besar dalam penurunan penyakit dan angka kematian adalah berasal dari mengkonsumsi air bersih setiap hari. Berikut ini adalah hasil penelitian yang menunjukan penurunan angka kematian dengan peningkatan distribusi air bersih.
Hubungan Penyakit dengan Ketersediaan Air Minum
Hubungan Penyakit dengan Ketersediaan Air Minum

Air bersih memiliki peran meningkatkan taraf hidup manusia

Hal ini dapat terlihat pada semakin banyaknya alat-alat rumah tangga yang menggunakan air bersih dalam prosesnya. Alat-alat tersebut bertujuan untuk memudahkan dan menyamankan kehidupan sehari-hari misalnya adalah mesin cuci piring, mesin cuci, penyejuk ruangan (AC), kamar mandi, toilet (flush), dan juga kebun. Semua hal ini membutuhkan air bersih sehingga untuk memenuhi kenyamanan kehidupan manusia ini diperlukan air yang lebih banyak lagi, jadi jika dilihat dari penjelasan ini air bersih merupakan faktor utama dalam peningkatan taraf hidup manusia.

Penjelasan diatas itulah yang menjadikan dasar Online School untuk membahas bagaimana cara sahabat mengetahui dari proses perencanaan sistem penyediaan air minum. Nantinya jika sahabat mengetahui prosesnya maka kita dapat secara nyata untuk lebih peduli dalam menjaga dan menghemat air bersih yang selama ini sahabat pakai. Beberapa materi ke depan akan kita pelajari lebih teknis untuk mendukung perencanaan ini. Biar sahabat tidak ketinggalan materi-materi berikutnya, jangan lupa ya follow kita dengan cara like FB Fanpage kami, subscribe by email (lihat sebelah kanan tinggal diisi aja email sahabat), follow google plus, dan twitter penulis ya.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan email anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blog kami bersama 500 Pembaca lainnya, gratis langsung ke email anda.

Related Posts

Betapa Pentingnya Air Minum dalam Kehidupan
4/ 5
Oleh

Mohon komentar yang relevan dan benar sesuai pembahasan. pernah menuliskan link karena pasti dihapus. Terima kasih.