Sunday, March 6, 2016

Cara Penyediaan Air Minum di Masayarakat

Sahabat Online School, setelah kita mengetahui betapa krusialnya air minum dalam kehidupan kita seperti pada materi sebelumnya pentingnya air minum. Saat ini Online School akan mengajak sahabat fokus untuk mengetahui metode-metode yang dapat digunakan dalam penyediaan air minum kepada masyarakat. Sebelum kita membahas metode tersebut secara detail sebaiknya sahabat harus mengetahui prinsip dalam menyediakan air minum untuk masyarakat. Online School akan memberikan 3 prinsip dasar penyediaan air minum yang disebut 3K yaitu Kuantitas, Kualitas dan Kontinuitas. Kuantitas adalah cukup dan terpenuhinya air minum untuk seluruh masyarakat pada daerah perencanaan. Kualitas adalah sehat, aman dan tidak mengandung bahan berbahaya ketika air yang didistribusikan hingga dikonsumsi oleh manusia. Kontinuitas adalah terjaganya distribusi air hingga ke masyarakat tanpa terganggu dan siap dipakai kapan saja.

Kemudian metode penyediaan air minum jika dilihat dari hal pemenuhan kebutuhan manusia maka penyediaan air minum dapat dikelompokkan menjadi dua metode yaitu.

Penyediaan Air Minum secara Individual

Secara individual ini akan dititikberatkan pada pemenuhan kebutuhan air dengan cara perorangan. Berikut yang termasuk dalam kategori ini.
- Penyediaan air minum untuk 1 rumah, dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ini yaitu menggunakan sumur gali atau sumur pompa tangan dangkal / dalam atau sumur bor atau penampungan air hujan.
- Penyediaan air minum untuk 1 komplek perumahan, komplek industri dengan skala kecil, dapat dilakukan juga dengan cara yang sama seperti diatas hanya berbeda jumlah penggunanya saja.

Penyediaan Air Minum secara Komunal

Metode ini merupakan suatu sistem penyediaan air minum yang melayani kebutuhan air minum bagi satu perkotaan (masyarakat), yang disebut juga sebagai community/public water supply system. Contohnya di Indonesia penyediaan air minum oleh PDAM sebagaimana yang telah Online School jelaskan di materi sebelumnya, penyediaan Hidran Umum / Keran Umum / Terminal Air. Metode komunal ini memiliki 3 komponen utama yang saling berhubungan, yaitu.
- Sumber air baku (water resources / source).
- Pengolahan air baku menjadi air minum (water treatment plant)
- Distribusi air minum ke masyarakat (water distribution system).

Ilustrasi Penyediaan Air secara Komunal
Ilustrasi Penyediaan Air secara Komunal

Demikian prinsip dan metode yang dapat dilakukan untuk penyediaan air minum sesuai dengan kebutuhan manusia. Selanjutnya, Online School akan membahas lebih detail kepada hal-hal pokok yang perlu diketahui dalam perencanaan sistem penyediaan air minum. Beberapa materi ke depan akan kita pelajari lebih teknis untuk mendukung perencanaan ini seperti proyeksi jumlah penduduk, estimasi kebutuhan lain, dan pertimbangan lainnya, sehingga kita dapat menentukan kebutuhan air minum untuk daerah perencanaan.

Biar sahabat tidak ketinggalan materi-materi berikutnya, jangan lupa ya follow kita dengan cara like FB Fanpage kami, subscribe by email (lihat sebelah kanan tinggal diisi aja email sahabat), follow google plus, dan twitter penulis ya.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan email anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blog kami bersama 500 Pembaca lainnya, gratis langsung ke email anda.

Related Posts

Cara Penyediaan Air Minum di Masayarakat
4/ 5
Oleh

Mohon komentar yang relevan dan benar sesuai pembahasan. pernah menuliskan link karena pasti dihapus. Terima kasih.